Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan dua desa wisata di daerah itu berhasil masuk 300 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M Budianto di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan penilaian ADWI tersebut digelar Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang pendaftarannya dibuka 18 Februari hingga 31 Maret lalu, kemudian dilakukan seleksi administrasi 500 besar dan penilaian 300 besar.

"Alhamdulillah dua desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yakni Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, dan Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi bisa bertahan dan saat ini sudah masuk 300 besar," kata dia.

Dia menjelaskan, sebelumnya desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang mengikuti seleksi penilaian ADWI 2022 sebanyak 10 desa wisata, namun setelah dilakukan seleksi administrasi yang bertahan tersisa tiga desa namun tetapi kemudian satu desa dinyatakan tidak lolos 300 besar.

Dua desa yang masih bertahan tersebut, kata dia, memiliki potensi dan keunggulan masing-masing diantaranya Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi dengan Air Terjun Tri Sakti yang memiliki ketinggian hingga 87 meter.

Kemudian Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang dengan potensi wisata berupa Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Api Bukit Kaba.

Dia berharap, dari dua desa ini nantinya bisa masuk 50 besar mengingat pada penilaian serupa pada tahun lalu Desa Belitar Seberang sempat masuk di 100 besar penilaian ADWI 2021.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dalam laman website jadesta.kemenparekraf.go.id mengumumkan 300 besar penilaian ADWI 2022, di mana untuk Provinsi Bengkulu terdapat delapan desa wisata yakni Desa Wisata Air Tenan, Kabupaten Bengkulu Selatan, kemudian Desa Wisata Penembang dan Desa Wisata Glamping Rindu Hati di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Selanjutnya, Desa Wisata Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang. Desa Wisata Bioa Putiak dan Desa Wisata Green Cannyo Bengkulu di Kabupaten Lebong. Serta dua desa wisata lainnya berasal dari Kabupaten Rejang Lebong yakni Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa Wisata Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022