Bengkulu (Antara) - Lembaga penyiaran publik Radio Republik Indonesia (RRI) stasiun Bengkulu menyiapkan 16 orang relawan untuk hitung cepat (quick count) pemilu legislatif 9 April 2014.

"Bengkulu menurunkan 16 orang relawan petugas hitung cepat pemilu legislatif 2014," kata Kepala RRI Stasiun Bengkulu Sulaiman Yusuf di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan program hitung cepat Pemilu Legislatif 2014 dikoordinir Pusat Penelitian dan Pengembangan RRI pusat.

Sebanyak 2.000 orang relawan di seluruh Indonesia bertugas melaporkan hasil perolehan suara partai politik pada Pemilu Legislatif 9 April 2014.

"Termasuk di Bengkulu ada 16 orang relawan yang akan bertugas melaporkan perolehan suara partai politik di 16 tempat pemungutan suara," ujarnya.

Ia mengatakan sebanyak 16 tempat pemungutan suara (TPS) yang diamati oleh relawan tersebar di 10 kabupaten dan kota.

Penentuan TPS yang diamati tambahnya berdasarkan studi tim Pusat Penelitian dan Pengembangan RRI pusat.

"Pelaporan hasil perolehan suara berbasis perangkat teknologi tertentu dan hasilnya akan diketahui dua jam setelah pemungutan suara selesai," katanya.

Yusuf menambahkan bahwa hasil perolehan suara partai politik dapat diketahui masyarakat dengan mendengar siaran di programa 3 RRI pusat.

Ia menambahkan bahwa pada Pemilu 2009, RRI menggelar program lapor cepat atau "quick report" yang hasilnya berbeda sangat tipis dengan hasil hitung cepat lembaga survei yang teruji.

"Untuk keakuratan laporan dari para relawan ini, maka berita acara perolehan suara wajib difoto," tambahnya.

Hitung cepat perolehan suara juga akan digelar RRI saat Pemilu Presiden pada Juli 2014.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014