Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan daerah itu tengah melakukan persiapan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Rejang Lebong M. Budianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan penilaian ADWI akan dilakukan terhadap Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong yang sebelumnya telah masuk dalam 50 besar nasional dan menjadi satu-satunya wakil Provinsi Bengkulu di ajang tersebut.

"Persiapan yang dilakukan Desa Belitar Seberang saat ini sudah hampir 100 persen, dan tinggal sedikit hal yang harus dibenahi karena penilaian ini akan dihadiri langsung oleh Menparekraf," kata dia.

Persiapan yang dilakukan pihaknya bersama Desa Belitar Seberang di antaranya pembersihan lokasi desa wisata, keamanan, kenyamanan, akses jalan menuju ke lokasi, dan lainnya.

Persiapan untuk menyambut dewan juri ADWI 2022 dan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno ke daerah itu, kata dia, harus dilakukan dengan maksimal kendati jadwalnya belum diketahui karena dilakukan secara acak yakni antara Juni hingga Agustus mendatang agar hasilnya tidak mengecewakan.

"Saat ini Pak Menteri bersama rombongan dewan juri sudah mulai melakukan penilaian terhadap 50 besar ADWI 2022 yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Desa Belitar Seberang menjadi satu-satunya desa wisata di Provinsi Bengkulu yang berhasil menembus 50 besar penilaian ADWI 2022, dengan wisata unggulan berupa Air Tri Sakti yang memiliki ketinggian hingga 86 meter.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022