Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan akan melibatkan sebanyak 90 penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan penyuluh pertanian kecamatan (PPK) untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada Idul Adha tahun ini.
 
"Saat ini kita kewalahan di personel, kita berupaya melibatkan PPK dan PPL untuk membantu dokter hewan memeriksa kesehatan hewan kurban," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, di Mukomuko, Senin.
 
Kabupaten Mukomuko saat ini memiliki tiga pusat kesehatan hewan di Kecamatan Ipuh, Kecamatan Penarik, dan Kecamatan Air Manjuto, dan setiap Puskeswan meng-cover masing-masing tiga kecamatan.
 
Ia mengatakan, mudah-mudahan dengan ada penambahan personel dari PPL dan PPK ini bisa membantu dokter hewan untuk memeriksa kesehatan semua hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun ini.
 
Pihaknya akan memberikan surat tugas kepada setiap PPL dan PPK supaya mereka memiliki tanggung jawab untuk memantau dan memeriksa baik fisik dalam maupun luar hewan kurban.
 
Ia mengatakan, kalau ada indikasi hewan kurban mengidap penyakit mereka diminta untuk segera berkoordinasi dengan dokter hewan untuk diperiksa kesehatan hewan secara detail.
 
"Petugas ini selain memeriksa fisik hewan kurban sebelum disembelih, termasuk setelah disembelih untuk memeriksa dagingnya guna memastikan hewan tersebut bebas dari penyakit," ujarnya pula.
 
Sekarang ini, katanya, pembeli dari Masjid dan panitia kurban belum melakukan transaksi, kemungkinan mereka mulai membeli mendekati hari pelaksanaan Idul Adha.
 
Ia mengatakan, sekarang ini mereka ini baru melakukan pengajuan pembelian ke pedagang hewan ternak, sehingga belum diketahui berapa banyak dan dimana mereka membelinya.
 
Ia menyatakan, pihaknya akan mengerahkan semua petugas peternakan dan kesehatan hewan serta 90 PPL dan PPK yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini dua hari sebelumnya atau H-2 hingga H-1 Idul Adha.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022