Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Kemenpan RB) mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mengoptimalkan pelayanan publik melalui pendirian Mall Pelayanan Publik di setiap wilayah di Provinsi Bengkulu.
 
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa di Bengkulu, Rabu, mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan guna mendorong investasi dan ekonomi masyarakat dengan dikumpulkannya berbagai macam pelayanan publik pada satu tempat.
 
Hal tersebut dilakukan berdasarkan Perpres nomor 89 Tahun 2021 tentang Mall Pelayanan Publik, merupakan bentuk integrasi "one stop service" yang terintegrasi antara layanan daerah, pusat maupun BUMN, BUMD dan juga swasta.
 
"Saya yakin dengan dorongan Pak Gubernur yang mengkomunikasikan ke para bupati dan walikota, layanan publik yang lebih baik, lebih cepat dan cukup di satu tempat dan tentunya akan meningkatkan investasi dan kesejahteraan masyarakat," kata Diah.
 
Sebab hingga saat ini dari 10 wilayah di Provinsi Bengkulu hanya ada satu mall pelayanan publik yaitu di Kota Bengkulu dan dalam waktu dekat akan beroperasi di Kabupaten Lebong dan Kabupaten Seluma.
 
Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan dengan adanya mall pelayanan publik memudahkan masyarakat dalam mengakses dan memberikan waktu yang singkat untuk masyarakat dalam mendapat layanan.
 
"Baik itu layanan tingkat pusat, BUMN, BUMD bahkan layanan tingkat vertikal pun digabung di situ," ujarnya.
 
Oleh karena itu, dalam waktu dekat Gubernur Bengkulu akan bertatap muka langsung dengan para bupati dan pihak terkait lainnya, membahas kesiapan dari masing-masing Pemda Kabupaten.
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022