Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mencatat jumlah hewan kurban yang akan disembelih warga daerah itu pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah mencapai 1.232 ekor.

"Data yang dilaporkan seksi Bimas Islam Kemenag Rejang Lebong saat ini jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah sudah ada 1.232 ekor," kata Kepala Kemenag Rejang Lebong Nopian Gustari di Rejang Lebong,  Sabtu.

Dia menjelaskan, data hewan kurban ini berasal dari 156 desa dan kelurahan tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong dengan rincian kerbau sebanyak tujuh ekor, sapi sebanyak 592 ekor dan 633 ekor kambing.

Jumlah hewan kurban yang akan disembelih warga ini, kata dia, akan terus bertambah sampai dengan hari raya nanti mengingat ada yang belum terdata atau warga yang secara spontan membeli ternak untuk dikurbankan.

Untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih maupun tata cara penyembelihannya yang benar pihaknya sudah melakukan rapat bersama KUA dari 15 kecamatan, pengurus masjid, ormas Islam dan pejabat pemkab setempat agar pelaksanaan tidak bermasalah mengingat saat ini sedang mewabah penyakit mulut dan kuku atau PMK.

"Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini terbagi beberapa tim, ada tim yang bertugas untuk merobohkan sapi, kemudian menguliti dan lainnya. Mereka ini selain punya pengalaman juga harus bekerjasama," terangnya.

Sementara itu, untuk kegiatan penyembelihan hewan kurban oleh keluarga besar Kemenag Rejang Lebong pada tahun ini, tambah dia, akan dilaksanakan 11 Juli bertempat di halaman Kemenag setempat dengan jumlah hewan kurban sebanyak 11 ekor sapi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022