Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Bengkulu, Ichwan Yunus menyarankan semua calon haji asal daerah itu memakai masker untuk melindungi diri dari virus Middle East Respiratory Syndrome.

"Kita perlu beli masker yang bersertifikat N95 untuk calon haji," kata Bupati Mukomuko Ichwan Yunus saat ditanya upaya pemerintah setempat agar CJH asal daerah itu tidak tertular virus MERS di Mukomuko, Sabtu.

Masker ini memiliki kemampuan menahan partikel dengan ukuran sangat kecil termasuk ukuran virus serta kenyamanan bernafas, sehingga dapat mengurangi paparan virus MERS.

Ia mengatakan, segera masker N95 itu dibeli atau sebelum sebanyak 140 orang CJH asal daerah itu berangkat haji.

Terkait pengaruh penyakit itu terhadap CJH di daerah itu, menurut dia, kalau memang dia tidak yakin, pasti sekarang sudah ada CJH yang mengundurkan diri.

Kendati demikian, ia menyarankan, agar CJH untuk tetap menjaga kesehatan. Mereka harus sehat sebelum dan saat berangkat haji.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, memastikan tidak ada calon jemaah haji asal daerah itu yang terpengaruh terhadap virus MERS.

"Belum ada calon haji yang datang dan menghubungi karena ketakutan terhadap penyakit MERS," kata Kasi Umrah dan Haji Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Widodo di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, sebanyak 140 calon haji asal daerah itu dipastikan berangkat pada musim haji 2014.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014