Rejanglebong (Antara) - Bupati Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, Suherman menjelaskan pencapaian hasil ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat di daerah itu tertinggi di provinsi setempat.

"Saya baru mendapatkan informasi dari Provinsi Bengkulu yang menyebutkan pencapaian hasil UN tingkat SMA di Rejanglebong untuk jurusan IPA dan IPS tertinggi dibandingkan dari daerah lainnya di Bengkulu," kata Bupati Suherman saat membuka festival budaya daerah dalam rangka peringatan HUT Kota Curup ke 134 di Rejanglebong, Rabu.

Atas pencapaian hasil UN daerah tersebut kata dia, dirinya patut memberikan apresiasi kepada dinas pendidikan daerah itu karena telah menempatkan pelajar asal Rejanglebong menjadi yang terbaik dari daerah lainnya.

Para pelajar tingkat SMA/MA asal Rejanglebong yang berhasil meraih nilai tertinggi itu kata dia, satu orang pelajar SMA jurusan IPA yang menorehkan nilai tertinggi pertama tingkat provinsi dan untuk jurusan IPS SMA peringkat satu dan dua juga di raih pelajar asal daerah itu. Sedangkan untuk tingkat SMK saat ini masih dalam perekapan pihak Diknas Provinsi Bengkulu.

Untuk itu dia berpesan agar prestasi tersebut nantinya dapat dipertahankan, dan hendaknya pencapaian ini juga akan diikuti oleh peserta UN tingkat SMP sederajat yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Rejanglebong, Zakaria Effendi mengatakan, tingkat kelulusan UN tingkat SMA sederajat di daerah itu mencapai 97,25 persen, sedangkan untuk pencapaian UN jurusan IPA mencapai 98,86 persen dan IPS 95,84 persen.

Kendati prosentase kelulusan ini tidak mencapai target yang ditentukan pihaknya semula yakni 100 persen, namun pihaknya masih akan memberikan reward kepada tiga besar siswa berprestasi di daerah itu dengan besaran mencapai puluhan juta, dimana nilai tertinggi UN tingkat SMA jurusan IPA dengan nilai akhir 53,30 atas nama Gilang Anggaran dan jurusan IPS dengan nilai akhir 52,30 atas nama Hairani Ramayanti Hasibuan, dimana keduanya berasal SMAN 1 Curup.

Sedangkan tingkat SMK dengan nilai akhir tertinggi 35,50 yang diraih pelajar SMK N 1 Curup atas Denian Dewa Nanda, tertinggi kedua direbut pelajar SMKN 1 Curup Timur dengan nilai akhir sebesar 35,20 atas nama Etika Purnama Sari.

Pada pelaksanaan UN SMA sederajat beberapa waktu lalu di daerah ini diikuti oleh 3.120 peserta dari 3.174 pelajar yang tercatat sebagai daftar nominasi tetap (DNT) ujian nasional 2013/2014, namun dalam pelaksanaannya sebanyak 54 orang diantaranya telah berhenti sekolah (DO), sedangkan jumlah siswa yang tidak lulus UN yang diumumkan Selasa (20/5) mencapai 50 pelajar.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014