Rejanglebong (Antara) - Tiga pelajar sekolah menengah atas sederajat di Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu berhasil meraih nilai ujian nasional tahun 2014 yang tertinggi di provinsi ini.

"Tiga pelajar SMA sederajat di Kabupaten Rejanglebong pada tahun ini meraih nilai tertinggi se-Provinsi Bengkulu, di antaranya untuk Jurusan IPA diraih pelajar SMAN I Curup, Gilang Anggara, kemudian Jurusan IPS, Hairani Ramayanti Hasibuan, dan pelajar SMK diraih Denian Dewa Nanda dari SMKN I Curup," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong Zakaria Effendi, di Rejanglebong, Minggu.

Ketiga pelajar SMA sederajat asal daerah ini yang berhasil meraih nilai UN tertinggi se-Provinsi Bengkulu, kata dia lagi, Gilang Anggara memperoleh nilai akhir 53,30, kemudian Hairani Ramayanti Hasibuan memperoleh nilai akhir 52,30, dan nilai akhir tertinggi tingkat SMK oleh Denian Dewa Nanda 35,50.

Sedangkan enam pelajar SMA sederajat lainnya yang juga masuk dalam 10 besar terbaik se-provinsi ini, yakni peringkat 10 IPA direbut pelajar SMAN Curup, Rona Hawa Kamila, peringkat dua Jurusan IPS, Fitria Zamrud Fajrianika Atmaja dari SMAN I Curup, Pinasti Palupi peringkat tujuh Jurusan IPS dari SMAN I Curup, dan Prasetyo Pangestu Nugroho peraih peringkat delapan Jurusan IPS juga dari SMAN I Curup.

Selanjutnya untuk SMK, peringkat empat tingkat provinsi diraih oleh Abdi Wijaya dari SMKN I Curup, dan peringkat kelima provinsi direbut Etika Sari Purnama Sari dari SMKN I Curup Timur.    

Selain berhasil menempatkan para pelajar SMA sederajat asal daerah ini yang berhasil merebut peringkat terbaik pertama tingkat provinsi, ujar dia lagi, pencapaian hasil kelulusan UN SMA sederajat Kabupaten Rejanglebong juga menempati peringkat kedua di Bengkulu yakni 97,25 persen.

Kendati persentase kelulusan ini tidak mencapai target yang ditentukan pihaknya semula yakni 100 persen, namun Dinas Pendidikan Rejang Lebong, kata dia, tetap akan memberikan penghargaan kepada tiga besar siswa berprestasi di daerah itu dengan besaran mencapai puluhan juta rupiah.

Bupati Rejanglebong Suherman saat membuka acara Festival Budaya Rejanglebong pada peringatan HUT Kota Curup ke-134, Rabu (21/5), memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan setempat atas prestasi yang diraih pelajar SMA sederajat di daerah ini sehingga bisa mengharumkan nama daerah.

Dia berpesan, agar prestasi tersebut nantinya dapat dipertahankan, dan hendaknya pencapaian ini juga akan diikuti oleh peserta UN tingkat SMP sederajat yang akan diumumkan dalam waktu dekat.***3***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014