Mukomuko (Antara) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun 2014 akan memperoleh bantuan logistik untuk korban bencana alam di daerah itu.  

"Bantuan logistik seperti berbagai macam makanan siap saji termasuk peralatan adalah bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Iskandar, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, tidak hanya daerah itu, tetapi empat kabupaten/kota di provinsi setempat, yakni Kaur, Seluma, Kota Bengkulu, dan Benteng, juga menerima bantuan yang sama dari BNPB.

Sementara, sebutnya, nilai bantuan logistik bencana yang diterima daerah itu dan empat kabupaten lainnya di provinsi setempat sama sebesar Rp400 juta per daerah itu.

Ia mengatakan, rencananya bantuan logistik dan peralatan bencana yang akan dibawa menggunakan satu mobil dum truk itu diserahkan langsung oleh Gubernur Bengkulu tanggal 18 Juni 2014, di daerah itu.

"Kalau berdasarkan jadwal kunjungan Gubernur ke Mukomuko tanggal 18 Juni 2014  sekaligus penyerahan bantuan logistik bencana tersebut," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, bahwa bantuan logistik bencana dari BNPB itu dipergunakan oleh BPBD setempat untuk membantu warga setempat yang menjadi korban bencana alam.

"Seperti berbagai bantuan yang pernah diserahkan oleh pemerintah setempat melalui BPBD kepada korban kebakaran rumah di daerah ini," ujarnya.

Bantuan yang pernah diberikan kepada korban bencana alam kebakaran dan banjir di daerah itu, lanjutnya, seperti makanan siap saji dalam kaleng, tenda, dan selimut. Termasuk juga baju.

Selanjutnya, kata dia, bantuan logistik itu akan disimpan di gudang instansi itu dan dikeluarkan saat peristiwa bencana alam di daerah itu. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014