Rejanglebong (Antara) - Pemerintah Kabupaten Rejanglebong Bengkulu, pada tahun ini akan membangun akses jalan dan sarana pendukung di kawasan wisata alam gunung Api Bukit Kaba di daerah itu.

"Kawasan wisata alam gunung api Bukit Kaba ini memiliki potensi yang cukup besar, untuk itu Pemkab Rejanglebong melalui dinas terkait akan melakukan pengelolaan kawasan wisata ini secara maksimal sehingga tahun depan sudah menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah di samping dari lokasi wisata lainnya," kata Sekretaris Kabupaten Rejanglebong, Sudirman di Rejanglebong, Selasa.

Peningkatan sarana dan prasarana pendukung kawasan wisata alam gunung api Bukit Kaba itu sendiri kata dia, sudah mereka bahas dalam paparan potensi wisata di Rejanglebong bersama dengan para konsultan dari Bengkulu serta dinas terkait lainnya yang mereka laksanakan baru-baru ini.

Optimalisasi pengelolaan kawasan wisata Bukit Kaba yang terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang tersebut tambah dia, akan dilakukan pemkab setempat dengan upaya perbaikan dan pembangunan sarana infrastruktur dan sarana pendukung kawasan wisata seperti lokasi parkir, kios pedagang cinderamata dan lain-lain.

Sedangkan untuk pembangunan jalan baru masih akan dikoordinasikan dengan Pemprov Bengkulu, mengingat kawasan ini masuk dalam kewenangan pihak badan konservasi sumber daya alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu. Hal ini penting dilakukan agar pembangunan jalan dan sarana wisata ini tidak bermasalah di kemudian harinya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rejanglebong, Rusli Jamal sebelumnya menyebutkan kondisi jalan menuju kawasan wisata alam Bukit Kaba saat ini sangat memprihatinkan dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

"Kondisi jalan menuju kawasan wisata alam Bukit Kaba ini memang sudah memprihatinkan sehingga harus dibangun sehingga nantinya bisa mempermudah pengunjung yang akan datang ke sini, karena selama ini pengunjung yang naik ke atas bukan melalui jalur utama melainkan jalan tikus," katanya.

Untuk pembangunan jalan di kawasan wisata alam gunung api Bukit Kaba, yang terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang kata dia, selama ini belum bisa mereka laksanakan karena kawasan itu masih kewenangan Kemenhut yakni Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu, sehingga pembangunannya harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak yang bersangkutan.

Akses jalan yang akan dibangun di kawasan tersebut tambah dia, memiliki panjang mencapai 2,5 km. Selama ini jalan di kawasan itu baru berupa aspal kasar dan telah mengalami kerusakan yang cukup parah sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat dan hanya bisa dijangkau dengan cara berjalan kaki. ***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014