Mukomuko,  (Antara) - Penjual daging sapi dan kerbau musiman menjelang puasa di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu terlihat berjajar di beberapa lokasi.

Dari pantauan, di Kecamatan Kota Mukomuko, Jumat, sedikitnya empat orang pedagang daging sapi dan kerbau musiman, ditambah belasan orang di lapangan olahraga di Kecamatan Ipuh.

Deni, penjual daging dadakan di Kelurahan Pasar Mukomuko, mengatakan dirinya berjualan daging kerbau karena dibutuhkan masyarakat saat puasa. Dia membeli kerbau di wilayah Tapan, Provinsi Sumatera Barat.

"Kerbaunya kami beli dari Tapan, Kalau motongnya di rumah potong hewan (RPH) di Desa Pasarsebelah," kata dia.

Dia mengatakan, dirinya saat ini menjual satu ekor kerbau dan belum sampai tiga jam sudah habis dibeli oleh masyarakat setempat dengan harga sebesar Rp120.000 per kilogram.

Selain di Kelurahan Pasar Mukomuko, ada tiga orang penjual daging sapi musiman di Desa Ujung Padang. Namun belum sampai siang, daging sapi di sana telah habis terjual.

"Di tiga tempat di Desa Ujung Padang, cepat sekali daging sapi terjual sehingga kami tidak kebagian lagi," kata warga Desa Ujung Padang, Lisa.

Sementara itu, di lapangan olahraga di Kecamatan Ipuh, sekitar belasan orang penjual daging sapi musiman.

"Penjual daging sapi itu masih orang orang di wilayah ini, sedangkan sapinya dari Desa Pasar Ipuh," kata Ade, warga Desa Pulai Payung.

Ia mengatakan, bahwa harga daging sapi di wilayahnya sebesar Rp130.000 per kilogram.***2***



Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014