Mukomuko (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, berharap tokoh agama setempat berperan dalam meningkatkan partisipasi warga dalam  Pemilu Presiden tahun 2014.

"Harapan kami memang tokoh agama pada kesempatan bulan puasa sekarang ini mengajak warga menjadi pemilih pada Pemilu Presiden (Pilpres)," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko Daud Gauraf di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, tokoh agama atau imam masjid di daerah itu memiliki banyak kesempatan untuk mengajak segenap warga setempat menggunakan pilihannya tanggal 9 Juli 2014 di tempat pemungutan suara (TPS).  

Menurut dia, kesempatan yang baik itu, sebelum dan setelah shalat tarawih. Karena di saat itu umat Islam banyak yang datang ke masjid untuk menjalankan ibadah tambahan selain puasa.

"Memang saat shalat tarawih itu tepat bagi imam masjid untuk menyampaikan kepada warga agar menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Ia berharap, partisipasi pemilih pada Pilpres di daerah itu meningkat dibandingkan saat Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

Menurut dia, minimal partisipasi pemilih pada Pilpres di atas sebesar 75 persen dari total keseluruhan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di daerah itu.

"Saat Pileg lalu, partisipasi pemilih kita sekitar 75 persen. Jumlah ini meningkat dibandingkan Pileg lima tahun sebelumnya, namun jumlah ini akan ditingkatkan pada Pilpres," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, meskipun saat ini KPU tidak lagi melakukan sosialisasi langsung ke warga dan pemilih pemula tetapi cukup melalui spanduk yang dipasang di 148 desa dan tiga kelurahan di daerah itu.

"Kalau Pilpres ini tidak serumit saat Pileg. Diharapkan warga banyak yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya," ujarnya lagi.

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014