Sembilan kelompok tani (poktan) di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerima bantuan benih padi sebanyak 6 ton dari pemerintah pusat.

"Beberapa hari yang lalu kami menerima bantuan benih padi hibrida dari pemerintah pusat untuk sasaran 150 hektare sawah, bantuan benih padi ini diberikan kepada sembilan kelompok tani di dua kecamatan di Rejang Lebong," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Zulkarnain di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan, bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian tersebut dikucurkan melalui Pemprov Bengkulu untuk  menyukseskan program swasembada pangan nasional 2023.

Bantuan benih padi itu, kata dia, selanjutnya disalurkan melalui kelompok tani di Kecamatan Curup Utara dan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Luas sasaran persawahan dalam penyaluran bantuan benih padi ini di antaranya 75 hektare yang dikelola oleh empat kelompok tani di Kecamatan Curup Utara. Kemudian 75 hektare lagi areal persawahan yang dikelola oleh lima kelompok tani di Kecamatan PUT.

Dia mengimbau kalangan petani di Kabupaten Rejang Lebong yang belum bergabung dengan kelompok tani agar segera bergabung atau membentuk kelompok tani mengingat bantuan pemerintah berupa benih dan obat-obatan serta pupuk diberikan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Sebelumnya pada akhir September 2022, Kabupaten Rejang Lebong juga menerima bantuan pupuk organik cair (POC) dari Kementerian Pertanian sebanyak 27.616 liter serta 15 ton benih jagung hibrida.

Bantuan POC dan benih jagung itu sendiri diberikan kepada 411 kelompok tani tersebar dalam 13 dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022