Kantor BPJS Kesehatan cabang Curup, Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan, sebanyak 247.042 warga Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Jumlah warga Kabupaten Rejang Lebong yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS hingga saat ini mencapai 247.042 jiwa dengan capaian UHC 87,50 persen dari jumlah penduduk sebanyak 282.349 jiwa," kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan cabang Curup Novi Kurniadi saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, kalangan warga Rejang Lebong yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ini sebagian besar peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai APBN dan ABPD serta sebagian lagi peserta mandiri.

Masyarakat Rejang Lebong yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ini, kata dia, di antaranya peserta PBI dari APBN sebanyak 155.241 jiwa, PBI dari APBD sebanyak 39.480 jiwa, pekerja penerima upah (PPU) sebanyak 36.055 jiwa.

Selanjutnya pekerja bukan penerima upah (PBPU) 12.332 jiwa, dan bukan pekerja (BP) sebanyak 3.934 jiwa.

Menurut dia, capaian cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Rejang Lebong tersebut ditargetkan sebanyak 268.232 jiwa atau 95 persen.

Untuk mencapai target ini pihaknya tengah melakukan penambahan melalui program penerima bantuan iuran atau PBI yang bersumber dari APBN melalui dinas sosial.

Dia berharap, masing-masing pemda dapat meningkatkan pembiayaan anggaran untuk kepesertaan BPJS kesehatan melalui Jamkesda yang pembiayaannya dari APBD Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022