Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, selama safari Ramadhan 2014 menyediakan dana sebesar Rp75 juta untuk sumbangan masjid dan biaya berbuka puasa bersama di masjid yang dikunjungi.

"Dana tersebut untuk membantu sebanyak 30 masjid atau dua masjid per desa yang dikunjungi oleh tim saat safari Ramadhan," kata Kabag Kesra Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Ansari, di Mukomuko, Sabtu.  

Ia mengatakan, bantuan dana yang diberikan itu sebesar Rp2,5 juta per masjid. Dana itu juga untuk operasional, dan berbuka bersama di masjid yang dikunjungi oleh tim safari Ramadhan.

Ia menjelaskan, kegiatan safari Ramadhan di daerah itu telah berlangsung selama satu pekan lebih dengan jumlah kecamatan yang telah dikunjungi sebanyak tujuh dari 15 kecamatan di daerah itu.

Ia menyebutkan, kecamatan yang telah dikunjungi itu berada di wilayah paling ujung kabupaten tersebut, yakni Kecamatan Malin Deman, Air Rami, Ipuh, Sungai Rumbai, Pondok Sunguh, Teramang Jaya.

"Dua hari ini tim safari Ramadhan telah menyelesaikan kunjungan ke Masjid di Kecamatan Teras Terunjam," ujarnya.

Setelah ini, kata dia, tim akan melanjutkan perjalan ke Kecamatan Air Manjuto, Lubuk Pinang, Kecamatan V Koto, Kecamatan XIV Koto, dan terakhir ke Kecamatan Kota Mukomuko.

"Seperti safari Ramadhan tahun sebelumnya, di mulai dari kecamatan paling ujung dan di akhir Ramadhan di kecamatan yang berada dalam ibukota kabupaten," ujarnya.

Ia menerangkan, safari Ramadhan tidak hanya sekedar kunjungan dan memberikan bantuan kepada masjid di daerah itu tetapi juga dengar pendapat dengan masyarakat dan menerima keluhan mereka.

"Tim safari Ramadhan ini terdiri dari pejabat di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Mereka ini lah yang menerima masukan dari masyarakat, untuk ditindaklanjuti," ujarnya lagi.***3*** 

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014