Rejanglebong (Antara) - Kepala Kepolisian Resor Rejanglebong, Provinsi Bengkulu AKBP Edi Suroso menyebutkan kondisi keamanan di daerah itu pascapilpres 9 Juli 2014 hingga proses rekapitulasi perolehan suara capres dan cawapres masih kondusif.

"Alhamdulillah kondisi keamanan pascapilpres 9 Juli 2014 kemarin sampai proses rekapitulasi perolehan suara masing-masing capres dan cawapres baik di tingkatan PPS, PPK hingga ke KPU Rejanglebong masih kondusif," kata Kapolres Rejanglebong  itu, usai menghadiri pleno rekapitulasi perolahan suara Pilpres di aula KPU Rejanglebong, Rabu.

Kondusifnya situasi keamanan di daerah tersebut kata dia, karena pada pelaksanaan Pilpres kali ini masyarakat tidak memiliki kepentingan dan memilih berdasarkan nurani mereka, berbeda dengan pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April 2014 lalu di beberapa kecamatan sempat terjadi intimidasi dan ketegangan dalam beberapa kejadian sebagai akibat adanya ketidakpuasan hasil perolehan suara masing-masing caleg namun dapat ditangani petugas di lapangan.

Pada proses pengamanan Pilpres di daerah itu tambah dia, pihaknya mengerahkan 251 personil yang ditugaskan sebagai pengaman dan pengawas mulai dari proses pendistribusian logistik, kemudian proses pemungutan suara dan penghitungan suara di masing-masing TPS hingga kepada proses rekapitulasi perolehan suara kedua pasangan capres/cawapres dimulai dari TPS, PPS, PPK serta di KPU setempat.

Dari pantauan pihaknya di lapangan selama tahapan Pilpres hingga pemungutan, rekapitulasi perolehan suara tidak menemukan serta belum menerima laporan dari masyarakat kemungkinan adanya pelanggaran-pelanggaran Pemilu maupun intimidasi kepada pemilih.

Sementara itu hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara pasangan capres dan cawapres yang digelar KPU Rejanglebong, Rabu (16/7) angka golput di daerah itu mencapai 32,87 persen dari jumlah DPT sebanyak 197.009 jiwa, dimana warga yang menggunakan hak suaranya berjumlah 133.552 jiwa atau berkisar 67,13 persen.

Hasil rekapitulasi perolehan suara ini pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang di 10 kecamatan dengan perolehan suara sebanyak 73.479 suara, sedangkan pasangan Joko Widodo- Jusuf Kalla hanya menang di lima kecamatan dengan perolehan suara sebanyak 59.063 suara.***1***

Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014