Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu menyebutkan akan melaksanakan shalat khusuf gerhana bulan di Mesjid Raya Baitul Izzah Kota Bengkulu.
 
"Pada gerhana bulan yang diprediksi akan terjadi pada 8 November 2022, Pemerintah Provinsi Bengkulu akan melaksanakan shalat khusuf," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu M. Abdu di Kota Bengkulu, Senin.
 
Ia menjelaskan, di Provinsi Bengkulu, gerhana bulan dapat dilihat pada kontak Umbra tiga sekitar pukul 18.42 WIB dan terjadi setelah waktu Maghrib. Sehingga shalat khusuf gerhana bulan akan dilakukan usai shalat maghrib di masjid Baitul Izzah Kota Bengkulu.
 
Ia menyebutkan bahwa umat Islam disunahkan untuk melaksanakan shalat gerhana bulan jika gerhana tersebut dapat dilihat secara kasat mata.
 
Berdasarkan informasi dari astronomis, gerhana bulan total akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia, namun gerhana bulan total yang dapat dilihat pada kontak umbra tiga pukul 18.42 selain di Provinsi Bengkulu, juga terjadi di Provinsi Aceh, Provinsi Sumatera Barat dan Sumatera Utara.
 
Diketahui, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyebutkan bahwa pada 8 November malam akan terjadi peristiwa gerhana bulan total, berdasarkan hasil perhitungan dengan metode falak.
 
Untuk fase awal terjadinya gerhana sebagian dimulai pada pukul 16:09:12 WIB, awal fase gerhana total pada pukul 17:16:37 WIB.
 
Sementara Puncak gerhana total akan terjadi pada pukul 17:59:07 WIB dan akhir fase gerhana total terjadi pada 18:41:37 WIB, untuk akhir fase gerhana sebagian bertepatan dengan waktu pukul 19:49:02 WIB.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022