Mukomuko (Antara) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, minta pengusaha dealer mobil di daerah itu menyiapkan bengkel keliling untuk membantu kendaraan pemudik yang rusak dan pecah ban saat melintas di Jalan Lintas Barat di daerah itu.

"Kita minta pihak Toyota atau Daihatsu yang menyiapkan bengkel keliling termasuk tampal ban," kata Kabid Darat Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Aman Setiawan, di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, seperti tahun sebelumnya, pihak dealer mobil di daerah itu menyiapkan bengkel dan tampal ban keliling. Dan membantu kendaraan pemudik yang pecah ban termasuk yang mengalami kerusakan.

Ia berharap, tahun ini pun seperti itu, ada inisiatif dari pihak dealer mobil di daerah itu yang menyiapkan bengkel keliling tersebut.

Karena, kata dia, saat menjelang dan setelah lebaran, jarang sekali ditemui adanya bengkel mobil dan sepeda motor yang beroperasi di daerah itu.

"Memang tidak ada bengkel mobil dan sepeda motor yang buka saat lebaran, padahal saat itu arus mudik lebaran yang melintas di daerah ini ramai," ujarnya.

Menurut dia, penyediaan bengkel tersebut untuk mengantisipasi agar tidak ada kemacetan lalu lintas di Jalan Lintas Barat di daerah itu akibat ada satu atau dua kendaraan pemudik yang rusak atau pecah ban.

Ia menjelaskan, kendala seperti itu perlu diantisipasi dan tugas instansinya selama lebaran memastikan arus lalu lintas tetap berjalan lancar.

"Kalau ada kendaraan yang macet bagaimana arus lalu lintas lancar, jika terjadi masalah seperti itu, kendaraannya yang kita singkirkan ke pinggir jalan agar tidak mengganggu kendaraan lain yang lewat," ujarnya.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014