Mukomuko (Antara) - Pejabat. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memperkirakan puncak arus mudik kendaraan roda empat dan sepeda motor yang lewat di Jalan Lintas Barat di daerah itu, mulai terjadi pada H-5 lebaran.

"Puncaknya mulai tanggal 25, 26, 27 Juli 2014 atau H-5 lebaran," kata Kabid Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Mukomuko, Aman Setiawan di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu karena mulai tanggal tersebut jadwal seluruh pegawai negeri sipil (PNS) pemerintah setempat terakhir melakukan aktivitas pekerjaannya untuk selanjutnya libur lebaran sampai tanggal 4 Agustus 2014.

Menurut dia, saat ini belum terlihat kepadatan kendaraan dari luar yang melintas di daerah itu baik dari arah Kota Bengkulu menuju Provinsi Sumatera Barat maupun sebaliknya.

"Belum banyak kendaraan pemudik yang melintas di daerah ini, kemungkinan karena saat ini masih dalam perjalanan dari Pelabuhan Merak-Bakauheni," ujarnya.

Begitu juga, kata dia, kendaraan dari daerah itu yang membawa warga pendatang pulang ke kampungnya karena sekarang ini PNS masih  bekerja.       

Ia menerangkan, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan pemudik yang melintas di daerah itu, telah disiapkan empat pos pengamanan lebaran.

Dikatakannya, instansi itu  menerjunkan kekuatan penuhnya untuk menjaga pos pengamanan lebaran 2014 di daerah itu.

"Sebanyak 17 orang personel yang kita terjunkan untuk menjaga empat pos pengamanan (pospam) atau lima orang petugas setiap pospam," ujarnya.

Menurut dia, di pospam tersebut, terdiri dari berbagai gabungan, meliputi polisi, petugas jalan raya (PJR), dan petugas kesehatan.

Ia menyebutkan, empat pospam tersebut tersebar di satu simpang Lubuk gedang untuk mengawasi perbatasan Bengkulu-Provinsi Sumatera Barat, di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Air Punggur, depan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kecamatan Penarik. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014