Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menggelar sosialisasi dan simulasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc atau SIAKBA di 15 kecamatan di daerah itu.

"KPU Rejang Lebong mulai hari ini menyosialisasi pembentukan PPK dan PPS yang akan dilakukan secara online menggunakan aplikasi SIAKBA ke dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong," kata Koordinator Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Rejang Lebong, Ujang Maman di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan kegiatan sosialisasi dan simulasi penggunaan aplikasi SIAKBA tersebut pada hari pertama pelaksanaannya dilakukan di tiga kecamatan yaitu Sindang Beliti Ilir Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Kota Padang.

Sosialisasi dan simulasi aplikasi SIAKBA ini kata dia dilakukan tim sosialisasi yang telah dibentuk KPU Rejang Lebong sehingga bisa dilaksanakan secara bersamaan sedangkan pesertanya adalah pengurus dan anggota karang taruna, Risma, tokoh pemuda yang ada di masing-masing kecamatan.

"Untuk hari selanjutnya, akan kami lakukan di tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Binduriang, Sindang Dataran dan Kecamatan Bermani Ulu," terangnya.

Menurut dia, enam kecamatan yang menjadi fokus sosialisasi dan simulasi SIAKBA yang dilakukan pihaknya hari pertama dan kedua tersebut selama ini tingkat partisipasi pendaftar PPK dan PPS relatif rendah sehingga harus digencarkan agar jumlah pendaftarnya bertambah banyak.

"Pendaftaran PPK dan PPS untuk penyelenggara Pemilu 2024 ini dilakukan secara online melalui siakba.kpu.go.id ini merupakan hal yang baru. Sosialisasi dan simulasi ini sangat perlu dilakukan karena baru kali ini digunakan," terangnya.

Dia berharap, sosialisasi dan simulasi yang dilakukan pihaknya dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong ini akan berjalan dengan baik sehingga akan memberikan pemahaman kepada masyarakat yang akan mengikuti penjaringan PPK dan PPS di masing-masing kecamatan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022