Rejanglebong (Antara) - Harga jual cabai merah keriting di tingkat petani Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, beberapa hari belakangan mulai membaik setelah lebih dari sebulan terpuruk ke kisaran Rp5.000 per kilogram.

Petani di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang, Kamis, menyatakan saat ini harga jual cabai keriting halus di tingkat petani Rp10.000 per kg dan, cabai kualitas sedang Rp8.000 serta untuk kualitas kasar berkisar Rp6.000 per kg. Untuk kualitas kasar ini sebelumnya sempat anjlok diharga terendah yakni Rp2.000-Rp3.000 per kg.

"Untuk cabai mulsa kasar sekarang dihargai Rp5.000 sampai Rp6.000 per kg, sedangkan sebelumnya paling tinggi Rp3.000 per kg, begitu juga untuk kualitas sedang dan halus harganya sudah mencapai Rp8.000 dan Rp10.000 per kg," kata Afrijal alias Acay (35) salah seorang petani cabai di Desa Sumber Bening.

Membaiknya harga jual cabai merah, kata dia, karena saat ini musim panen cabai sudah berakhir dan para petani setempat baru mulai melakukan penanaman ulang yang diperkirakan baru akan panen tiga bulan ke depan.

Selain harga cabai merah yang mulai membaik, hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit yang pada pertengahan bulan Ramadhan turun ke kisaran Rp8.000 per kg saat ini di tingkat petani harganya sudah mencapai Rp12.000 per kg.

Dia berharap perkembangan harga jual cabai merah dan rawit dapat terus membaik, mengingat pada musim tanam lalu tidak sedikit petani cabai yang jatuh bangkrut karena merugi akibat rendahnya harga jual komoditas andalan masyarakat tersebutt.

Sementara itu menurut Agus (29), petani cabai di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan, anjloknya harga cabai merah keriting beberapa bulan lalu akibat akibat  masuknya cabai dari luar daerah seperti Jawa, Lampung, Palembang, Jambi serta daerah lainnya dengan kualitas lebih bagus.

"Cabai merah dari luar daerah itu bentuknya kecil-kecil serta kandungan airnya sedikit, sedangkan cabai asal daerah sini bentuknya besar-besar dan banyak mengandung air, akibatnya cabai lokal ini tidak laku di pasaran karena pembeli lebih memilih cabai kualitas bagus dengan harga yang hampir sama," ujarnya.

Di pasar tradisional Kabupaten Rejanglebong di antaranya Pasar Atas Curup dan Pasar Bang Mego, harga cabai merah keriting kualitas bagus saat ini antara Rp24.000-Rp25.000 per kg, sedangkan  cabai rawit Rp18.000 hingga Rp20.000 per kg.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014