Banyumas (Antara) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyatakan bahwa agenda wisata budaya tahunan berupa "Dieng Culture Festival (DCF) V Tahun 2014" siap digelar pada 30-31 Agustus.

"Namun untuk jumlah peserta ruwatan anak berambut gimbal atau gembel belum bisa dipastikan. Kami akan pastikan jumlahnya dalam rapat terakhir pada tanggal 18 Agustus," kata Kepala Dinbudpar Banjarnegara Aziz Achmad di Banyumas, Minggu.

Aziz mengatakan hal itu kepada Antara di sela-sela peluncuran "Festival Gemuruh Serayu" di Alun-alun Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas.

"Festival Gemuruh Serayu" tersebut diikuti enam kabupaten di wilayah Jateng bagian selatan, yakni Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, dan Purworejo.

Aziz mengaku optimistis jumlah pengunjung DCF V akan membeludak karena paket wisata yang disediakan telah terjual habis.

"Jumlah pengunjung dari luar Banjarnegara diperkirakan mencapai 5.000 orang termasuk yang di luar paket," katanya.

Selain ruwatan massal anak-anak berambut gimbal yang menjadi ikon andalan DCF, kata dia, agenda wisata tahunan yang digelar di Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng itu juga akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain festival lampion dan balon udara, pergelaran musik jaz, dan festival film.

Bahkan, kata dia, dalam kegiatan tersebut juga akan diperkenalkan wisata jelajah Bukit Pangonan bagi wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena matahari terbit (sunrise) maupun matahari terbenam (sunset). (Antara)

Pewarta: Oleh Sumarwoto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014