Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Suradi Rifai menyebutkan program Bantuan Khusus Keuangan (BKK) sebesar Rp100 juta per desa di wilayah itu dapat mendukung pengembangan usaha pemuda di desa.

"Kami sangat mendukung kegiatan pemanfaatan dana BKK sebesar Rp100 juta yang diberikan kepada Karang Taruna Desa Suban Ayam ini untuk pengembangan usaha pembuatan peti kemas hasil pertanian dan usaha digital printing," kata Suradi Rifai saat menghadiri kegiatan pelatihan manajemen dan pengelolaan usaha Karang Taruna Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang, Rabu.

Dia menjelaskan, program BKK yang digulirkan Pemkab Rejang Lebong terhadap 122 desa di wilayah itu walau jumlahnya tidak sebesar dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) namun jika dimanfaatkan dengan baik dapat berkembang menjadi besar.

Pemanfaatan BKK yang diterima oleh Desa Suban Ayam ini, kata dia, difokuskan untuk pengembangan keterampilan masyarakat khususnya anggota Karang Taruna Desa Suban Ayam berupa usaha pembuatan peti kemas hasil pertanian dan usaha digital printing.

Program BKK yang mulai disalurkan pada pertengahan September 2022 itu, menurut dia, merupakan program strategis bidang perekonomian sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam kampanye Pilkada 2020 lalu.

Sementara itu, Camat Kecamatan Selupu Rejang Heri Wartono yang juga menjadi Pjs Kades Suban Ayam menjelaskan, Desa Suban Ayam telah merealisasikan dana BKK dari Pemkab Rejang Lebong untuk pengembangan SDM masyarakat.

"Kita sudah merealisasikan dana BKK untuk digunakan oleh anggota Karang Taruna Desa Suban Ayam melatih keterampilan agar lebih produktif di usia muda. Kalau usaha kita ini maju dan berkembang, diharapkan bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat, dan karang taruna bisa berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar," jelas dia.

Untuk mendukung kegiatan ini, kata Heri Wartono pihak desa sudah menyiapkan sarana dan prasarana pengembangan usaha tersebut diantaranya berupa 2 unit komputer, 1 unit mesin pemotong (cutting), 1 unit printer sablon, 1 unit alat press, dan bahan penunjang digital printing lainnya.

Selain itu juga peralatan pendukung lainnya berupa gergaji listrik sebanyak 1 unit, mesin genset listrik, serta bahan-bahan pembuatan peti kemas lainnya dan lokasi pembuatan peti kemas.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022