Rejanglebong,  (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, dalam waktu dekat akan mengevaluasi kinerja panitia pemilihan kecamatan menjelang pemilihan kepala daerah di daerah itu.

"Evaluasi kinerja PPK dari 15 kecamatan ini akan dilakukan untuk memastikan kesanggupan mereka dalam menjalankan tugasnya saat pemilihan bupati dan wakil bupati pada pertengahan 2015, kata Komisioner KPU Rejanglebong Restu S Wibowo di Rejanglebong, Selasa.

Ia mengakui kendati waktunya masih lama namun harus disiapkan sejak jauh-jauh hari, karena pada awal 2015 sudah mulai memasuki tahapan yang harus dilaksankan.

Ke 15 PPK di daerah tersebut, kata dia, saat ini masa tugasnya pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April dan Pilpres 9 Juli 2014 lalu sudah berakhir pada akhir Juli 2014 lalu. Sehingga untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Rejanglebong 2015 nanti harus dilakukan seleksi ulang, dan akan memberikan perioritas kepada pengurus PPK yang pernah bertugas sebelumnya.

Evaluasi kinerja terhadap 15 pengurus PPK sebelumnya, kata dia, dilakukan selain untuk pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati daerah itu yang akan dilaksanakan serentak dengan pemilihan gubernur Bengkulu dan tujuh daerah lainnya di Bengkulu.

KPU Rejanglebong sendiri kata dia, sudah menjadwalkan seleksi untuk 15 PPK di daerah itu akan dilaksanakan pada Desember 2014, karena pelaksanaannya akan dilakukan secara secara bersamaan di dalam 15 kecamatan di Rejanglebong.

Untuk itu, dia berharap seleksi anggota PPK ini nantinya dapat menjaring orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya serta memiliki idealisme tinggi di samping tidak berpihak kepada parpol atau pun kandidat (nonpartisan), sehingga pelaksanaan Pilkada serentak tahun depan dapat berjalan dalam suasana demokratis.***1***



Pewarta: Oleh Nur Muhamad

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014