Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu menyiapkan dana sebesar Rp400 miliar untuk perbaikan jalan dan jembatan nasional pada 2023.

"Kami menganggarkan sekitar Rp400 miliar untuk perbaikan jalan dan jembatan nasional termasuk paket yang sedang berjalan," kata Kepala BPJN Bengkulu Yohanis Tulak di Kota Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan bahwa anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki jalan nasional yang memiliki panjang sekitar 781,99 kilometer.
 
Jalan tersebut berada di jalan lintas barat dari Provinsi Lampung menuju Bengkulu hingga  Sumatera Barat, jalan penghubung dari Provinsi Bengkulu menuju Kota Lubuk Linggau di Sumatera Selatan. Kemudian dari Kota Manna di Kabupaten Bengkulu Selatan menuju ke Tanjung Sakti Pagar Alam di Sumatera Selatan.
 
Lanjut Tulak, anggaran Rp400 miliar untuk 2023 tersebut termasuk dalam paket lelang perbaikan yang saat ini sedang berjalan.
 
"Target pengerjaan satu tahun, sebab bisa saja di akhir tahun jalan nasional tersebut mengalami kerusakan," ujarnya.
 
Sebelumnya, BPJN melakukan pembangunan jalan Trans Enggano dengan panjang 32,82 kilometer dengan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp163 miliar.
 
Pembangunan jalan Trans Enggano tersebut dilakukan sejak November 2022 dan ditargetkan hingga 2024 serta pengerjaan dilakukan pengecoran jalan dengan panjang 13 kilometer.
 
"Pembangunan kami prioritaskan pada titik jalan yang rusaknya berat seperti di Desa Apoho dan di titik kritis lainnya seperti di wilayah Desa Kahyapu," terangnya.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022