Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah mengupayakan 1.300 penyandang disabilitas yang ada di daerah itu menerima bantuan dari pemerintah.

"Dari 1.300 penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini sebanyak 525 orang sudah mendapatkan bantuan. Saat ini kita lagi mengusulkan agar semuanya dapat bantuan baik alat bantu maupun bantuan lainnya," kata Kepala Dinas Sosial Rejang Lebong, Gusti Maria di Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan, kalangan penyandang disabilitas di Kabupaten Rejang Lebong ini sebelumnya sudah diberikan bantuan alat bantu disabilitas oleh pemerintah pusat melalui Balai Disabilitas Guna Dharma Bengkulu seperti kursi roda, tongkat dan alat pendengaran.

Sedangkan untuk 775 penyandang disabilitas lainnya, kata dia, sudah diusulkan untuk mendapatkan bantuan alat bantu disabilitas dari pemerintah pusat, mengingat anggaran yang mereka miliki sangat terbatas.

"Mereka ini juga kita anjurkan membuat proposal kalau akan melaksanakan suatu kegiatan sehingga bisa kita bantu, karena di Kabupaten Rejang Lebong sudah terbentuk perkumpulan penyandang disabilitas," katanya.

Menurut dia, selama ini kalangan disabilitas di Rejang Lebong tersebut selain sebagian sudah mendapatkan bantuan alat disabilitas juga dalam program bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dalam komponen disabilitas.

Para penyandang disabilitas yang menerima bantuan PKH ini sebelumnya sudah dalam Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain mengusulkan bantuan alat bantu pihaknya juga mengajukan permodalan maupun alat kerja sesuai dengan keahlian masing-masing sehingga bisa melakukan wira usaha guna memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.*

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022