Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mendirikan Posyandu Prima sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Posyandu Prima ini merupakan salah satu transformasi di bidang kesehatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Dengan adanya Posyandu Prima ini maka layanan yang dilaksanakan di Posyandu akan meningkat," kata pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Rephi Meido Satria saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, Posyandu Prima tersebut dibentuk di Desa Mojorejo, Kecamatan Selupu Rejang belum lama ini, dan menjadi Posyandu Prima yang pertama di Provinsi Bengkulu.

Keberadaan Posyandu Prima ini, kata dia, akan memberikan pelayanan kesehatan layaknya puskesmas mini. Jika pelayanan yang diberikan posyandu hanya sebatas pemeriksaan biasa atau hanya menimbang bayi saja, namun yang ini juga pelayanan kesehatan lainnya.

Pelayanan kesehatan yang dapat dinikmati masyarakat di Posyandu Prima diantaranya persalinan, pengobatan, pemeriksaan penyakit tidak menular, kelas ibu hamil hingga vaksinasi.

Keberadaan Posyandu Prima di Kabupaten Rejang Lebong itu menurut dia, merupakan bagian dari upaya Pemkab Rejang Lebong untuk memudahkan masyarakat dalam menikmati pelayanan kesehatan.

"Ke depan keberadaan Posyandu Prima ini akan terus kita tambah. Keberadaan Posyandu Prima ini tidak akan menghilangnya fungsi posyandu yang selama ini ada dalam masyarakat, tetapi akan semakin meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan posyandu itu sendiri," ujar dia lagi.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022