Mukomuko (Antara) - Yayasan Genesis Bengkulu, Selasa, menggelar sosialisasi terkait kebijakan kabupaten/kota dalam mengimplementasikan tata ruang sumatera dan nasional di daerahnya masing-masing.

"Kegiatan ini untuk Implementasi dikaitkan dengan tata ruang sumatera dan menjadi masukan memperkuat tata ruang Kabupaten Mukomuko," kata Staf Program Yayasan Genesis Bengkulu, 
Supindri, di Mukomuko, Selasa.

Sosialisasi yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mukomuko itu dihadiri oleh Asisten dua Pemerintah Kabupaten Mukomuko Edy Rosdy, Kepala Bappeda setempat Herlian, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan Ruslan, dan Kabid Fisik dan Prasana Bappeda setempat Win Jaro.

Serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menjadi bagian dalam penyusunan perencanaan tata ruang wilayah di daerah itu.

Ia mengatakan, Genesis memilih Kabupaten Mukomuko dalam kegiatannya melakukan kajian terkait tata ruang ini, karena di daerah ini peraturan daerah (Perda) paling tua di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, kata dia, di Kabupaten Mukomuko, terdapat kawasan strategis nasional seperti taman nasional kerinci sebelat (TNKS). Dan kawasan strategis nasional itu termasuk dalam kajiannya terkait tata ruang sumatera.

Ia berharap, melalui kegiatan lembaga itu yang akan melakukan kajian ini ada singkronisasi antara tata ruang sumatera dengan tata ruang Kabupaten Mukomuko.

Sehingga, kata dia, melalui kajian ini adanya Insiminasi. Kalau pun sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 13 tahun 2012 tentang tata ruang dapat menjadi acuan dalam menyederhanakn Perpres ini.

"Kita akan kelompokkan yang mana berpengaruh dan yang terpengaruh. Dan dampaknya bagi lingkungan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, setelah kajian ini  atau melakukan revisi atau penguatan terhadap tata ruang yang ada. Untuk itu dilakukan kajian tata ruang.

Lebih lanjut, kata dia, untuk mendorong agar terlindunginya kawasan konservasi. Adanya pengelolaan ekosistem di Mukomuko, dan mengumpulkan kelompok yang berkepentingan dalam kawasan strategis.

Asisten II Pemerintah Kabupaten Mukomuko Edy Rosdy menyambut kegiatan Genesis. Menurut dia kegiatan seperti ini suatu kepedulian terhadap pemerintah.

Dikatakannya, bahwa tata ruang di satu wilayah termasuk Mukomuko sudah ada disesuaikan dengan apa yang mau dilakukan oleh pemerintah.

Terkait dengan Perpres Nomor 13 tahun 2012, ia berharap, dalam analisisnya mana yang diisi dan ditarik agar disampaikan ke pemerintah setempat.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014