Mukomuko (Antara) - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan setuju calon bupati daerah itu untuk periode tahun 2015-2020 dipilih oleh DPRD setempat.

"Kami setuju bupati dipilih oleh DPRD untuk efisien anggaran Pemilu," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Mukomuko, Bas Hendri di Mukomuko, Minggu.

Selain itu, menurutnya, untuk menghindari terjadinya perpecahan dan keributan antarmasyarakat di daerah itu yang terdiri atas berbagai macam suku, agama dan ras.

Ia menilai, potensi keributan dengan latar belakang suku ini bisa saja terjadi di daerah itu jika setiap orang egois dengan pilihannya dari sukunya sendiri.

Ia berharap, kalau DPRD yang memilih bupati bukan karena suku dan lain sebagainya tetapi murni karena calon itu memiliki sumber daya manusia dan visi misi membangun yang dapat diterima oleh DPRD.

"Kalau DPRD yang memilih siapa saja calonnya dan berasal dari mana terserah DPRD," ujarnya.

Kendati demikian, kata dia pula, masyarakat setempat masih tetap bisa mengawasi agar pelaksanaan pemilihan di DPRD dapat berjalan dengan jujur.

Hal itu, kata dia, calon bupati dan wakilnya yang terpilih nantinya orang-orang yang memiliki SDM dan jelas visi-misinya.

Terkait sistem dengan pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) tahun 2015, menurutnya, menunggu keputusan final dari DPR RI pada bulan Oktober 2014. ***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014