Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyebutkan sebanyak 6.093 siswa baru tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah ini menerima bantuan seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat.
 
"Pada 2023 program bantuan seragam sekolah gratis tetap berlanjut untuk siswa baru tahun ajaran 2023/2024," kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Arni Gusnita di Mukomuko, Jumat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp1,8 miliar yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 6.093 paket seragam untuk 6.093 siswa SD dan SMP yang tersebar di daerah ini.

Ia mengatakan, sebanyak 6.093 orang siswa baru yang menerima seragam sekolah gratis dari pemerintah setempat tersebar di 138 SD dan 58 SMP negeri dan swasta di daerah ini.

"Tahun sebelumnya selain siswa SD dan SMP negeri, juga siswa SD dan SMP swasta di daerah ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengadaan seragam sekolah tahun ini sama dengan tahun sebelumnya meliputi seragam sekolah merah putih dan putih biru yang dilengkapi topi dan dasi serta baju olahraga untuk pelajar SD dan SMP.

Menurut dia, instansinya menerima data sebanyak 6.094 siswa yang terdiri atas 3.352 siswa SD dan 2.741 siswa SMP serta ukuran seragam setiap siswa dari kepada pihak SD dan SMP.
 
Ia mengatakan, instansinya tahun ini masih menggunakan sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui e-katalog karena pengadaan dengan sistem ini lebih aman dan prosesnya lebih cepat.
 
"Pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun ini lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni mulai bulan Januari," katanya.

Program seragam sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP di daerah ini merupakan tindak lanjut dari visi dan misi bupati dan wakil bupati setempat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023