Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menggunakan ratusan unit komputer milik 16 SMA/SMK untuk pelaksanaan tes calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di daerah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang diikuti sebanyak 1.762 pendaftar.

"Pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS dengan menggunakan sistem CAT ini akan dilaksanakan Minggu, tanggal 8 Januari 2023, dengan menggunakan 400 unit lebih komputer milik 16 sekolah baik SMA maupun SMK di Kabupaten Rejang Lebong," kata dia.

Dia menjelaskan pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS tersebut nantinya akan menjaring 468 anggota yang akan bertugas di 156 desa/kelurahan yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong atau tiga orang setiap desa/kelurahan.

Untuk pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS, kata dia, akan dibagi menjadi empat sesi, di mana sesi pertama dilaksanakan dari pukul 08.30 WIB-10.00 WIB. Kemudian sesi kedua dari pukul 10.30 WIB-12.00 WIB, sesi ketiga dari pukul 13.00 WIB-14.30 WIB, dan sesi keempat dari pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB.

"Sesuai dengan hasil keputusan rapat yang sebelumnya, panitia akan mengambil enam orang atau 2 kali kebutuhan setiap desa dan kelurahan. Meskipun dalam aturan bisa sampai 3 kali kebutuhan," terangnya.

Guna memastikan pelaksanaan tes tertulis berjalan baik, kata dia, maka pihaknya sudah melakukan pemantauan langsung ke sekolah yang akan dijadikan tempat tes tertulis calon anggota PPS.

"Kita berharap pelaksanaan tes tertulis calon anggota PPS di Kabupaten Rejang Lebong berjalan baik dan tidak ada pemadaman listrik, kendati semua sekolah yang akan menyelenggarakan tes ada genset tetapi kalau lampu padam akan berpengaruh terhadap sinyal internet," demikian Restu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023