Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan racun untuk mengatasi hama tikus yang menyerang tanaman padi milik sejumlah kelompok tani di Kecamatan Lubuk Pinang.

"Kami memberikan racun kepada kelompok tani ini untuk mengatasi hama tikus yang menyerang tanaman padinya," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Eva Marlinda di Mukomuko, Sabtu.

Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko memberikan bantuan guna menindaklanjuti proposal usulan bantuan fungisida untuk mengatasi jamur dari sejumlah kelompok tani di daerah ini.

Selain itu, katanya, instansinya memberikan bantuan setelah petugas instansinya bersama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di wilayah tersebut melakukan pengecekan tanaman padi yang rusak akibat diserang hama tikus.

Berdasarkan identifikasi dan keterangan yang diterima oleh instansinya karena hama tikus menyerang tanaman padi milik kelompok tani di wilayah ini.

Untuk sementara ini, katanya, baru sebagian kecil tanaman padi di Kecamatan Lubuk Pinang yang diserang tikus, tetapi kalau tidak segera diatasi maka hama tersebut menyerang tanaman padi sawah milik petani lainnya di wilayah ini.

Ia mengatakan, instansinya selain memberikan bantuan racun untuk membasmi hama tikus, serta bantuan insektisida untuk membasmi hama ulat yang merusak tanaman padi milik kelompok tani.

Kemudian instansinya sebelumnya juga telah memberikan bantuan fungisida cair sebanyak lima botol kepada dua kelompok tani ini untuk mengatasi penyakit jamur yang menyerang padi.

Sebanyak dua kelompok tani, yakni Kelompok Tani Juragan Sakti dan Kelompok Tani Hidup Abadi yang menerima bantuan fungisida dari instansinya.

Ia mengatakan, dua kelompok tani sebelumnya telah melakukan penanganan padi setelah panen sampai umur 25 hari yang tidak berkembang, sebagian tidak berkembang karena anakan sendiri, tidak seperti biasanya 25 hari sudah besar.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023