Bengkulu (Antara) - Anggota DPRD dari lima kabupaten di Provinsi Bengkulu mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan oleh Badan Diklat Provinsi Bengkulu sebelum mereka melaksanakan tugas menjadi legislator.

"Untuk angkatan satu berjumlah 140 orang, terdiri dari anggota DPRD Kabupaten Kepahiang, Mukomuko, Seluma, Kaur dan Kota Bengkulu," kata Kepala Badan Diklat Provinsi Bengkulu Eris Tuffani di Bengkulu, Selasa.

Karena jumlahnya yang cukup banyak, dia mengatakan bimtek digelar di dua lokasi berbeda, yakni sebayak 80 orang mengikuti bimtek yang diselenggarakan pada salah satu hotel kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

"Di sana terdiri dari 25 orang anggota legislatif Kabupaten Kepahiang, 25 orang anggota legislatif Mukomuko dan 30 orang dari Seluma," kata dia.

Sementara itu, sebanyak 60 orang, mengikuti bimtek di salah satu hotel di pusat Kota Bengkulu, yang terdiri dari 35 orang anggota legislatif Kota Bengkulu, dan 25 anggota legislatif Kabupaten Kaur.

"Mereka akan mendapatkan materi selama 30 jam untuk memahami mekanisme penganggaran dan lainnya, yang berhubugan dengan administrasi pemerintahan serta tugas dan wewenang DPRD," katanya.

Bimbingan teknis untuk anggota DPRD yang baru terpilih itu, menurut dia, akan digelar hingga tanggal 18 September 2014.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bengkulu Junaidi Hamsyah berharap anggota DPRD yang mengikuti bimtek tersebut dapat memahami tugas, wewenang dan mekanisme kerja DPRD serta bersama pemerintahan.

"Jangan sampai DPRD dengan pemerintahan tidak akur, sehingga hal tersebut berpotensi menghambat kinerja daerah," ucapnya.

Dia berharap bimbingan teknis yang digelar benar-benar menjadi sarana menambah pemahaman bagi anggota legislatif, terutama bagi yang baru pertama kali menjadi legislator.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014