Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Bengkulu menyebutkan jumlah investor pasar modal di Bengkulu meningkat sebanyak 13.380 orang dari 36.000 orang pada 2021 atau naik menjadi 49.380 orang pada 2022.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Bengkulu, Bayu Saputra mengatakan peningkatan jumlah investor tersebut disebabkan semakin banyak masyarakat sadar akan pentingnya berinvestasi legal.

"Kami melihat ada peningkatan investor sekitar 13 ribu orang, baik yang mendaftarnya lewat sekuritas ataupun marketplace," kata Bayu di Kota Bengkulu, Sabtu.

Meningkatnya jumlah investor tersebut disebabkan banyak masyarakat yang telah paham akan pentingnya berinvestasi, sebab investasi bisa menjadi alternatif yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

Selain itu, lanjut dia, sejak adanya pandemi COVID-19 investasi telah menjadi kebutuhan, sebab pada masa tersebut banyak karyawan yang tidak digaji sehingga mencari penghasilan tambahan, salah satunya melalui investasi di pasar modal.

Bayu menjelaskan peningkatan jumlah investor di pasar modal pada 2022 juga disebabkan karena investasi di saham lebih menguntungkan dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Pada tahun lalu, kata dia, rata-rata harga saham mengalami pertumbuhan yang cukup baik, sehingga membuat banyak orang mulai berinvestasi saham.

"Kalau kami lihat pada 2022 saham lebih menguntungkan dibandingkan emas, sebab harga emas sepanjang tahun lalu itu turun," ujarnya.

Diketahui sepanjang 2022 Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) BEI berhasil menguat 4,09persen (yoy) menjadi 6.850,62.

Meskipun kenaikan IHSG tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya, namun angka tersebut masih membukukan kinerja yang positif jika dibandingkan dengan sebagian besar indeks bursa global yang melemah di tengah perlambatan ekonomi dunia.

Bayu berharap agar pada 2023 jumlah investor di Bengkulu terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya masyarakat sadar akan pentingnya berinvestasi.

"Ditambah lagi kegiatan investasi merupakan kegiatan yang menguntungkan dan kita optimis jumlah investor akan terus bertambah pada tahun ini," terang dia.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023