Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pada 2023, lahan sawah seluas 1.500 hektare milik petani di daerahnya akan menerima bantuan benih padi unggul dari pemerintah provinsi.

"Awalnya, kita dapat bantuan benih padi untuk lahan seluas 500 hektare dari dana tugas perbantuan (TP) provinsi, kini bantuan benih padi bertambah untuk lahan seluas 1.500 hektare," kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Eva Marlinda di Mukomuko, Bengkulu, Sabtu.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian sebelumnya mengusulkan bantuan bibit padi untuk lahan sawah seluas 2.000 hektare untuk dibagikan kepada petani tahun 2023.

Dari usulan itu, rencananya seluas 1.500 hektare di antaranya menggunakan dana tugas perbantuan (TP) pemerintah pusat dan 500 hektare TP provinsi.

"Kami dikasih tahu bahwa dana TP provinsi untuk lahan seluas 1.500 hektare, tetapi TP pusat belum fix sampai sekarang," ujarnya.

Menurutnya, daerah ini mendapatkan penambahan benih padi dari pemerintah provinsi kemungkinan karena kabupaten ini memiliki lahan tanaman padi yang cukup luas di provinsi.

Ia menyebutkan tahun 2022 luas tanam padi di daerah ini seluas 8.860 hektare dan luas panen 7.550 hektare.

Kemudian, produksi padi di daerah ini sebanyak dua kali tanam dengan jumlah sebesar 56.879 ton.

Ia mengatakan rencananya bantuan benih padi dari pemerintah provinsi tersebut untuk lahan seluas 1.500 hektare yang tersebar di Kecamatan XIV Koto dan Kecamatan Selagan Raya.

Untuk kepastian calon penerima dan calon lokasi, ia mengatakan, pihaknya masih menunggu kuota bantuan benih padi dari pemerintah provinsi.

Ia berharap bantuan benih padi untuk petani di daerah ini selain dari pemerintah provinsi dan dari pemerintah pusat.

"Kalau berdasarkan usulan benih kepada pemerintah pusat untuk lahan seluas 1.500 hektare. Kalau usulan disetujui, maka luas lahan persawahan di daerah ini yang mendapatkan bantuan benih seluas 3.000 hektare," sebut Eva.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023