Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah memverifikasi administrasi dukungan perbaikan empat bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di daerah ini.

Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Rejang Lebong Visco Putra Aleksander di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan dari 12 calon anggota DPD RI yang mendaftar di KPU Provinsi Bengkulu terdapat empat orang yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) sehingga harus memverifikasi administrasi dukungan perbaikan.

"Empat bakal calon anggota DPD RI ini ialah Deftri Hardianto, Elisa Ermasari, Leni Haryati Jhon Latief, dan Patrice Rio Capella dengan total dukungan yang dilakukan verifikasi administrasi perbaikan di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 322 dukungan," kata dia.

Dia menjelaskan verifikasi administrasi dukungan perbaikan empat bakal calon anggota DPD RI tersebut sesuai dengan jadwal yang telah dilaksanakan sejak 23 Januari hingga 1 Februari 2023.

Dari empat bakal calon anggota DPD RI yang harus melakukan verifikasi administrasi dukungan perbaikan dari wilayah itu, kata dia, terbanyak atas nama Elisa Ermasari dan paling sedikit dukungan yang harus diperbaiki atas nama Leni Haryati Jhon Latief.

Sejauh ini, kata dia, proses verifikasi administrasi dukungan perbaikan empat bakal calon anggota DPD RI yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 322 dukungan. Namun, menurut dia, sampai dengan 25 Januari 2023 sudah selesai melakukan verifikasi sebanyak 321 dukungan dan hanya menyisakan satu dukungan lagi belum selesai karena status pekerjaannya di KTP elektronik tertera pegawai BUMN.

"Secara aturan, kami harus meminta kepada bakal calon anggota DPD RI untuk memberikan surat pernyataan terkait status pendukung yang tertulis sebagai pegawai BUMN, bisa jadi di KTP-nya masih tertulis pegawai BUMN akan tetapi sudah pensiun atau sudah keluar," terangnya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Rejang Lebong melakukan verifikasi administrasi 5.190 dukungan dari 12 balon DPD RI yang berasal dari wilayah itu, di mana terbanyak atas nama Andrian Wahyudi sebanyak 2.406 dukungan dan paling sedikit atas nama balon Edi Agusdin sebanyak 28 dukungan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023