Lagos (Antara/Xinhua-OANA) - Tentara di Nigeria telah menangkap seorang komandan senior kelompok Boko Haram, yang dituduh membunuh ratusan orang sejak 2009, kata dinas pertahanan negeri itu, Kamis (18/9).

Komandan tersebut, yang identitasnya masih belum diketahui, ditangkap pada Rabu, dalam satu operasi, dan kini dirawat di satu instalasi militer, kata pernyataan militer.

Ditambahkannya, 60 petempur Boko Haram tewas dalam serangkaian serangan yang mereka lancarkan untuk memperoleh akses ke Daerah Konduga di Negara Bagian Borno di bagian timurlaut Nigeria.

Menurut pernyataan itu, tentara menyita empat sepeda motor dari pelaku teror pada Rabu, ketika mereka melawan penyergapan di Wilayah Benishek di negara bagian tersebut.

Gerilyawan berusaha menyerang Konduga dan sekitarnya pada Kamis, tapi tentara pemerintah menggagalkan upaya mereka, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Tentara saat ini menghadapi kelompok lain yang terdiri atas banyak gerilyawan yang bersenjata berat dan berusaha memasuki kota kecil tersebut, kata pernyataan itu.

Pernyataan tersebut mendaftar senjata yang direbut dari gerilyawan --24 senapan, lima Tabung Granat Berpeluncur Roket, dua Senapan Mesin dan satu Senjata Anti-Pesawat serta Kendaraan Ford Ranger.

Seorang prajurit tewas dalam operasi itu, sementara empat tentara lagi dirawat di rumah sakit, tambahnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014