Bengkulu (Antara) - Sebanyak 4.088 pelamar yang lulus verifikasi berkas calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) untuk lingkungan Provinsi Bengkulu akan memperebutkan jatah 128 formasi yang tersedia.

"Tahap verifikasi berkas sudah kami tutup, dan nomor tes sudah dibagikan kemarin (22/9), kalau ada yang tidak mengambil dinyatakan tidak lulus," kata Kabid Perencanaan dan Pengembangan Karier BKD Provinsi Bengkulu Tarmawi di Bengkulu, Selasa.

Artinya, pelamar akan bersaing ketat untuk mengunci satu formasi yang tersedia, dan memastikan lolos dalam tahap seleksi CPNSD Provinsi Bengkulu.

"Secara umum, itu berarti peluang peserta untuk lolos satu berbanding 32 pelamar," kata dia.

Untuk menjadi pegawai negeri sipil di provinsi itu, kata Tarmawi, tidak hanya berbekal mengalahkan pelamar lainnya, namun juga harus lolos standar nilai yang telah ditetapkan.

"Untuk lulus menjadi CPNS, hasil ujian menggunakan Sistem 'Computer Assisted Test' (CAT) harus berada di atas 'passing grade' yang telah ditetapkan, yakni di atas 250," ujarnya.

Jika pelamar yang mendapatkan nilai ujian di atas "passing grade" melebihi dari formasi yang dibutuhkan, maka, pihaknya akan melakukan pengurutan nilai tertinggi.

Hanya pelamar dengan nilai terbaik dan di atas standar nilai yang telah ditetapkan, akan direkrut menjadi pegawai negeri sipil baru di Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Tarmawi mengatakan pelamar yang lulus verifikasi berkas di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu berjumlah 4.420 orang, namun sebanyak 332 pelamar tidak mengambil nomor ujian mereka.

Sementara itu, untuk jadwal ujian, pihaknya menunggu laporan dari panitia penerimaan CPNSD kabupaten yang ada di provinsi itu.

"Kami tunggu dulu yang dari kabupaten, data dan jumlah peserta, setelah dikumpulkan data dari kabupaten, baru dilaporkan ke pusat secara keseluruhan, setelah itu baru pusat menjadwalkan ujian, mungkin butuh waktu sekitar tiga atau empat hari ini," ujarnya. ***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014