Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, menyebutkan Desa Pulau Makmur Kecamatan Ipuh menerima penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Riskan di Mukomuko, Kamis, mengatakan Desa Pulau Baru meraih piagam penghargaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Ia mengatakan selanjutnya Desa Pulau Baru ini menjadi salah satu desa wisata di Indonesia yang berada di bawah binaan Kemenparekraf.

Ia menambahkan instansinya sebelumnya mengusulkan piagam penghargaan dalam ADWI 2023 untuk enam desa di wisata di daerah ini, namun yang baru Update data objek wisata yakni Desa Pulau Baru.

Sebanyak enam desa wisata ini, yakni Desa Air Rami, Desa Arga Jaya, Desa Pulau Baru, Desa Pasar Ipuh, Desa Pasar Bantal, Kelurahan Koto Jaya, dan Kelurahan Bandar Ratu.

"Lima desa dari enam desa yang diusulkan mendapatkan piagam penghargaan tidak Update data objek wisata dalam aplikasi Jaring Desa Wisata," ujarnya.

Menurutnya, setelah Desa Pulau Baru mendapatkan piagam penghargaan selanjutnya mereka ada perhatian dari pemerintah pusat untuk mengembangkan objek wisatanya.

Ia mengatakan, minimal mereka mendapatkan informasi tentang objek wisata lain, mendapatkan pelatihan, dan sertifikasi objek wisatanya.

Terkait dengan pembangunan fisik berupa sarana dan prasarana penunjang objek wisata di desa wisata di daerah ini sedang diupayakan.

Ia mengatakan, pihaknya selain mengusulkan pembangunan fisik di Objek Wisata Batu Kumbang di Desa Pulau Baru serta 11 desa wisata lain di daerah ini.

"Kami mengusulkan anggaran sebesar Rp13 miliar untuk pembangunan fisik di 12 desa wisata di daerah ini kepada Kemenparekraf," ujarnya.

Ia menyebutkan, bentuk bangunan fisik yang diusulkan seperti rest area di Desa Air Rami dan home stay di 12 desa wisata di daerah ini.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023