Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan 50 dari 148 desa sudah mengajukan penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama.
 
"Sudah 50 desa dari 148 desa yang mengajukan penyaluran DD dan ADD, sisanya belum mengajukan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Haryanto di Mukomuko, Jumat.
 
Ia mengatakan, dari sebanyak 50 desa yang sudah mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap pertama, berkas usulan pengajuan milik 30 desa yang sudah disampaikan kepada Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko.
 
Sedangkan sisanya 20 desa masih berada di dinas ini untuk diteliti kelengkapan berkas pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap pertama.
 
Ia mengatakan, dari sebanyak 30 desa yang sudah melewati tahap pemeriksaan berkas dan dokumen pengajuan penyaluran DD dan ADD tahap pertama di BKD, berkas milik 14 desa yang sudah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) daerah ini.
 
Selanjutnya, ia meminta seluruh desa di daerah ini segera mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap pertama agar berkas pengajuannya cepat diproses sehingga DD dan ADD bisa disalurkan.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, total DD untuk 148 desa di daerah ini sebesar Rp117 miliar, atau mengalami peningkatan sebesar Rp3 miliar dibandingkan sebelumnya Rp114 miliar.
 
Ia mengatakan, DD tersebut digunakan meningkatkan ekonomi masyarakat, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.
 
Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kabupaten Mukomuko Wahyu Budiasi mengapresiasi pemerintah daera dalam melakukan percepatan proses penyaluran Dana Desa tahun 2023
 
"Kami sangat mengapresiasi kinerja Pemda Mukomuko melalui DPMD dan BKD yang bergerak cepat dalam tahapan dan proses untuk penyaluran Dana Desa," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, pihaknya sampai sekarang sudah menerima berkas usulan penyaluran Dana Desa tahap pertama untuk sebanyak 14 desa di daerah ini.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023