Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, tahun ini akan menyosialisasikan pencegahan kekerasan terhadap anak kepada siswa sekolah tingkat pertama dan atas di daerah ini untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Tahun ini ada kegiatan sosialisasi ke sekolah untuk pencegahan kekerasan terhadap anak," kata Pejabat Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Mukomuko Vivi Novriani dalam keterangannya, di Mukomuko, Minggu.
 
Vivi Novriani, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengatakan instansi-nya sampai sekarang belum menentukan lima sekolah yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi.
 
Namun dari sebanyak lima sekolah yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak tahun ini, salah satunya SMAN 1 di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.
 
"Rencana kami tidak hanya siswa tingkat SMA yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak, termasuk siswa tingkat SMP di daerah ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, siswa sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA di daerah ini harus memahami dan mengetahui bahwa kekerasan terhadap anak itu bukan hanya melanggar hukum tetap bagaimana cara mereka untuk melindungi diri serta tidak melakukan kekerasan terhadap temannya.
 
Pemberian pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak selain melalui sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak dan forum anak.
 
Ia mengatakan, instansinya tahun ini berencana membuat forum anak mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa.

"Namun tahun ini belum semua wilayah kecamatan dan desa di daerah ini yang dibentuk forum anak, rencananya pembentukan forum anak di tiga kelurahan dalam Kecamatan Kota Mukomuko," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pembentukan forum anak di tiga kelurahan di daerah ini selain bertujuan mensosialisasikan pencegahan kekerasan terhadap anak serta ada arahan dari kementerian untuk kelurahan layak anak syaratnya harus ada dulu forum anak.
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023