Kepolisian Resor Mukomuko, Bengkulu, memfokuskan penindakan bagi pengguna kendaraan bermotor yang melakukan enam pelanggaran lalu lintas pada Operasi Selamat Nala dilaksanakan hingga 20 Februari 2023.

Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Selasa, menyebutkan, enam pelanggaran lalu lintas, yakni pengemudi kendaraan yang parkir liar dan pengendara yang melakukan Balapan liar.
 
Kemudian pengendara bermotor yang masih di bawah umur, pelajar pelanggaran lalu lintas, kendaraan bermotor over loading, kendaraan tanpa nomor polisi dan kendaraan yang menggunakan knalpot tidak standar.
 
Ia mengatakan, pihaknya menurunkan sebanyak 45 orang personel yang terdiri dari polisi dan petugas instansi terkait lainnya dalam melakukan Operasi Selamat Nala 2023.
 
Sedangkan pelaksanaan Operasi Selamat Nala, katanya, dipusatkan di lokasi yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas lainnya.
 
Kemudian personel juga melakukan Operasi Selamat Nala di pusat keramaian dan lokasi yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas di daerah ini.
 
Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama penggunaan kendaraan bermotor di daerah ini agar mematuhi peraturan lalu lintas.

"Kalau kita mematuhi peraturan lalu lintas, maka kita bisa selamat dalam berkendara di jalan raya di daerah ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, Operasi Selamat Nala tahun 2023 di daerah ini selain dalam rangka cipta kondisi dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau Kamseltibcarlantas menjelang idul Fitri 1444 H tahun 2023.

Sementara itu, berdasarkan data pelaksanaan Operasi Keselamatan Nala tahun 2022 terdapat sebanyak 160 pelanggar mendapat teguran, dua kejadian kecelakaan lalu lintas dan korban laka lantas dua orang dengan kondisi luka berat.
 
Sedangkan kendaraan yang terkena tilang dan korban laka lantas yang meninggal dunia selama Operasi Selamat Nala tahun 2022 nihil.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023