Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu melaksanakan verifikasi faktual terhadap 12.564 dukungan para bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di 10 kabupaten dan kota di daerah tersebut.
 
"Verifikasi faktual terhadap dukungan para balon DPD RI dilakukan guna memastikan tidak ada kecurangan data dukungan," kata Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra di Kota Bengkulu, Rabu.

Ia menyebutkan verifikasi 12.564 dukungan dengan hasil sampling dari dukungan yang memenuhi syarat pencalonan.
 
Hasil dari proses sampling dengan metode Kreijxie (Krayci) dan Morgan, dari total 33.994 dukungan yang memenuhi syarat, sekitar 12.567 dukungan yang akan diverifikasi faktual.

Pelaksanaan verifikasi faktual dukungan dilakukan dengan cara anggota KPU dan Panitia Pengawas (Panwas) akan menemui pendukung balon DPD RI untuk memastikan dukungannya dan verifikasi tersebut telah berlangsung hingga 26 Februari 2023.
 
"Dalam tahapan ini para petugas KPU di kabupaten dan kota bersama dengan PPS akan mendatangi pendukung yang telah ditetapkan memenuhi syarat untuk dimintai kebenaran terkait dengan dukungan yang diberikan," ujarnya.
 
Untuk sampel dukungan dari tiap balon DPD RI berbeda-beda, sebab sesuai dengan jumlah dan sebaran dukungan yang telah memenuhi syarat.
 
Kata Irwan, verifikasi faktual tersebut dilaksanakan dengan cara menemui langsung pendukung atau mengumpulkan pendukung di satu tempat.
 
Namun, jika kedua cara tersebut tidak dapat dilakukan, maka verifikasi faktual akan dilakukan melalui alat telekomunikasi berupa panggilan video.

"Serta dengan cara pendukung membuat video rekaman penyataan memberikan dukungan terhadap balon DPD RI yang didukung," terangnya.
 
Irwan memastikan, verifikasi tersebut tidak akan ada kecurangan, sebab selama proses verifikasi KPU di wilayah masing-masing bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan didampingi oleh LO balon dan Panwas.
 
Kemudian para petugas bersama dengan saksi dan tim LO juga akan melakukan penandatangan surat laporan kerja.
 
Diketahui, hingga saat ini ada 12 balon DPD RI dengan daerah pilih di Provinsi Bengkulu, yaitu Abdul Kharis Ma'mun, Ahmad Kanedi, Andrian Wahyudi.
 
Kemudian Def Tri Hardianto, Destita Khairilisani, Edu Agusdin, Elisa Ermasari, Imron Rosyadi, Leni Haryati Jon Latief, Patrice Rio Capela, Rahiman Dani dan Sultan Bakhtiar Najamudin.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023