Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Mulyani menyebutkan bahwa pada pertengahan Februari 2024 listrik di Bengkulu khususnya di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara akan teraliri listrik selama 24 jam.
 
Hal tersebut berdasarkan arahan dari Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) bahwa untuk di Provinsi Bengkulu ada peningkatan pelayanan listrik.
 
"Hasil terakhir pertemuan di Menko Marves dijelaskan oleh PLN Palembang bahwa untuk Provinsi Bengkulu khususnya Pulau Enggano dari peningkatan pelayanan yang sebelumnya hanya menyala 14 jam menjadi 24 jam yang di mulai pada pertengahan Februari 2023," kata Mulyani di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Ia mengatakan, bahwa dalam peningkatan pelayanan tersebut, PLN akan menambah mesin pembangkit listrik dan tanki Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk pelayanan listrik 24 jam di Pulau Enggano.
 
Selain itu, saat ini di Pulau Enggano tidak ada wilayah yang tidak memiliki jaringan internet (Blank Spot) sebab sinyal berstandar 4G di daerah tersebut telah masuk.
 
Oleh karena itu, bagi para wisatawan dan pengunjung lokal maupun manca negara dapat berkunjung ke pulau tersebut secara leluasa tanpa khawatir tidak ada sinyal dan keterbatasan listrik.
 
Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan anggaran sebesar Rp190 miliar untuk pembangunan dan pengembangan akses transportasi pelabuhan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.
 
"Pemerintah bersama dengan Kementerian Perhubungan telah melakukan rapat khusus terkait resolusi penyelesaian pengembangan Pulau Enggano," sebut Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
 
Pembangunan akses transportasi di Pulau Enggano akan dilakukan setara dengan daratan Bengkulu sesuai arahan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
 
Selain itu, pembangunan jalan Trans Enggano dengan panjang 32,8 kilometer dengan tujuh jembatan saat ini masih berlanjut dan ditargetkan selesai pada 2024.
 
Diketahui pembangunan Trans Enggano Banjarsari - Malakoni - Kayu Apuh dengan panjang 32 kilometer dan tujuh jembatan di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, merupakan Program Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan oleh Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Bengkulu dengan total anggaran Rp174 milliar.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023