Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu pada 2023 mengusulkan penambahan 20 penyandang disabilitas di daerah ini sebagai calon penerima bantuan kursi roda dari Yayasan Dharma Guna Bengkulu.
 
"Tahun ini sebanyak 22 penyandang disabilitas di daerah ini yang menerima bantuan kursi roda dari pemerintah daerah, rencananya kami mengusulkan penambahan 20 penyandang disabilitas," kata Kabid Rehabilitasi Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Eli Susbenti di Mukomuko, Jumat.
 
Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko tahun ini mendapat alokasi dana dari APBD untuk membeli 22 kursi roda untuk penyandang disabilitas di daerah itu.
 
Ia mengatakan saat ini masih ada 20 penyandang disabilitas di daerah ini yang mengusulkan bantuan kursi roda kepada Dinas Sosial.
 
Instansinya rencananya meminta penambahan bantuan kursi roda untuk 20 penyandang disabilitas kepada Yayasan Darma Guna Bengkulu.

Meskipun instansinya mengusulkan bantuan kursi roda tahun ini, katanya, bantuan tersebut bisa saja diakomodasi pada tahun ini juga.
 
"Kadang mereka ada program pemberian bantuan kursi roda dalam rangka Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Dunia.
 
Ia berharap, usulan penambahan bantuan kursi roda untuk 20 penyandang disabilitas di daerah ini dapat terealisasi semua dalam tahun ini.

Ia mengatakan masih banyak penyandang disabilitas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini belum menerima bantuan kursi roda dari pemerintah.
 
Dari 523 penyandang disabilitas di daerah ini, katanya, hampir sebagian membutuhkan kursi roda tetapi belum menerima bantuan tersebut.

Ia mengatakan untuk sementara ini tidak semua penyandang disabilitas yang diberikan bantuan kursi roda, tetapi penyandang disabilitas yang usia produktif untuk mereka melakukan aktivitas ekonominya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023