Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan calon peserta magang kerja dari daerah ini ke Jepang.

"Saat ini pengumuman penjaringan calon peserta magang ke Jepang sudah kami umumkan kepada masyarakat. Program magang kerja ke Jepang ini dilakukan melalui Pemprov Bengkulu," kata Kepala Disnakertrans Rejang Lebong, Syamsir saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, program magang kerja ke Jepang tahun 2023 yang diterima oleh Pemprov Bengkulu sebanyak 150 orang, dan kemudian dibagi kepada 10 kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu.

Setiap kabupaten/kota ini, kata dia, akan diberikan kuota untuk menjaring 15 orang dan selanjutnya akan mengikuti seleksi yang dilakukan pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu.

Dia mengimbau kalangan masyarakat Rejang Lebong yang belum memiliki pekerjaan tetap agar bisa mendaftarkan diri sehingga nantinya bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman bekerja ke luar negeri.

Selain mendapatkan ilmu pengetahuan, mereka yang ikut program ini juga akan mendapatkan modal dari upah kerja yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka magang kerja di Jepang dengan besaran mencapai Rp16 juta per bulan.

Kalangan warga daerah itu yang berminat mengikuti program magang kerja ke Jepang tersebut bisa mendaftarkan diri ke Disnakertrans Rejang Lebong dengan persyaratan foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, SKCK, foto copy ijazah SD sampai terakhir, serta memiliki sertifikat kursus bahasa Jepang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023