Kodim 0428/Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui program kerja Karya Bhakti TNI membangun jalan evakuasi tsunami sepanjang 7.250 meter di Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko.
 
Komandan Kodim 0428/Mukomuko Letkol Czi Rinaldo Rusdy di Mukomuko, Senin, mengatakan, program Karya Bhakti tahun ini berupa pembangunan jalan evakuasi tsunami sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
 
"Salah satu tugas TNI dalam Undang-undang tersebut membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana," ujarnya.
 
Sedangkan penetapan lokasi program kerja Karya Bhakti TNI sesuai usulan dari bawah serta memperhatikan kondisi daerah ini rawan bencana alam gempa bumi dan tsunami.
 
Untuk waktu pelaksanaan program Karya Bhakti TNI tahun ini, katanya, direncanakan selama kurang lebih 30 hari yang seyogyanya mulai dari tanggal 17 Februari sampai 17 Maret 2023.
 
Adapun pekerjaan rehabilitasi dan pembukaan badan jalan sepanjang 7.250 meter, atau bertambah dari sebelumnya 3.200 meter.
 
"Kalau sesuai dengan anggaran kegiatan rehabilitasi dan pembukaan badan jalan sepanjang 3.200 meter, namun kita upayakan sepanjang 7.250 meter sampai ke jalur satuan pemukiman tiga.
 
Kodim 0428/Mukomuko melalui program kerja Karya Bhakti tahun ini selain membangun jalan dan pembangunan jembatan darurat sebanyak enam titik di lokasi tersebut.
 
"Kalau kita bangun jembatan permanen, anggarannya tidak mencukupi, jadi kita bangun jembatan darurat," ujarnya pula.
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Apriansyah mengatakan pemerintah daerah mengalokasikan dana sebesar Rp900 juta untuk kegiatan Karya Bhakti TNI di daerah ini.
 
Dengan dana sebesar itu, katanya, untuk pembangunan jalan evakuasi tsunami dan enam jembatan darurat.
 
"Jembatan darurat ada beberapa siring yang sudah ada dan ada siring baru dengan tujuan agar akses jalan evakuasi tsunami yang dibangun bisa dilewati," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023