Sebanyak 30 seniman mural yang berasal dari berbagai wilayah dan latar belakang di Provinsi Bengkulu mengadakan festival 'Mural Muralan Labirin' yang dilaksanakan di lantai II Mega Maal dan dibuka untuk umum hingga 14 Maret 2023.

Kurator mural muralan labirin Bengkulu Meidy Kurniawan mengatakan bahwa 30 orang seniman tersebut mempersiapkan karya seni mural selama dua minggu terakhir.

"Kita melibatkan 30 orang seniman mural dari Provinsi Bengkulu dan waktu pengerjaan pameran mural tersebut selama dua minggu dengan luas lahan 16 x 24 meter," kata dia di Kota Bengkulu, Jumat.

Selain menyediakan ruangan seni mural, pada pameran tersebut pihaknya juga menyediakan lima ruang multimedia khusus.

Pada pameran mural kali ini, pihaknya membuat ruangan tersendiri agar lebih menarik untuk dilihat para pengunjung sehingga terciptalah sebuah labirin.
 
Sebanyak 30 seniman gelar festival mural muralan labirin di Bengkulu. (Foto Antara Bengkulu/Anggi Mayasari)


"Pameran ini dilaksanakan juga ingin memperkenalkan apa itu mural, sebab banyak masyarakat yang tidak mengetahui mural dan gambar besar, mural merupakan memiliki makna dan ad pesan yang ingin disampaikan," jelas Meidy.

Untuk mural yang disampaikan oleh para seniman berbagai jenis sesuai dengan keresahan hati, seperti mensosialisasi pentingnya mempertahanan habitat gajah hingga ajakan masyarakat untuk menjaga kebersihan kawasan pantai.
Bagi masyarakat

Lanjut dia, pameran mural muralan labirin tersebut dibuka hingga 14 Maret 2023 dari pukul 10.00 hingga 21.00 dengan harga mulai Rp10 hingga Rp20 ribu per orang.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu Martina Nengsih mengapresiasikan hasil seni para seniman yang ada di Bengkulu.

"Ini bentuk kreasi tanpa tanding dari teman teman seni rupa khususnya ditengah keterbatasan," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendukung para seniman untuk berkarya dan akan memprioritaskan seniman Bengkulu dengan terus melakukan pembinaan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023