Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pemasangan tapal batas sebanyak 148 desa di daerah itu rampung pada 2015.

"Target kami pemasangan patok batas desa di 15 kecamatan di daerah ini selesai 2015," kata Kabag Administrasi Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafriadi di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan minimal patok batas desa yang berbatas dipasang nantinya itu manual terlebih dulu. Sebelum pemasangan patok batas permanen.

Saat ini, katanya, terus berjalan proses penyelesaian batas desa itu yang dilakukan oleh tim di setiap kecamatan di daerah itu. Tim ini melibatkan unsur tokoh masyarakat setempat.

"Pihak kecamatan dalam tim itu memfasilitasi agar ada kesepakatan antardesa yang berbatas," ujarnya.

Menurutnya, saat ini sudah ada beberapa desa yang batasnya sudah selesai. Selanjutnya dipasang patok batasnya.

Syafriadi mengatakan, penyelesaian batas antardesa yang berbatas di daerah itu melibatkan masyarakat agar tidak ada permasalahan setelah batas ditetapkan.

"Kami upayakan penyelesaian batas antardesa ini dilakukan secara baik-baik dengan keterlibatan masyarakat," ujarnya.

Ia berharap setelah disepakati, ditetapkan, dan dipasang patok batas tidak ada permasalahan batas desa. Kalau pun masih ada keributan dapat diselesaikan dengan cara damai dan musyawarah.

Ia yakin, kalau prinsip penyelesaiannya seperti ini maka tidak ada lagi oknum yang mengklaim lahan dan objek wisata masuk wilayahnya. Karena sudah ada kesepakatan bersama.

Terkait kepemilikan objek wisata danau dan pantai yang berada di perbatasan dua desa, menurutnya, kedua desa dapat bersama-sama mengelolanya. Dan mengambil manfaat dari sana.

"Objek wisata itu di bawah pengawasan pemerintah setempat. Namun masyarakat bisa mengelolanya dan mengambil retribusi dari biaya masuk objek wisata," ujarnya.***1***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014